Fenomena Tukul “Empat Mata” Arwana

March 9, 2007 at 3:11 am Leave a comment

Siapa menyangka Talk Show Empat Mata di Trans7 bisa jadi Talkshow dengan rating tertinggi seperti sekarang. Talk show ini bahkan bisa mengalahkan acara sejenis yang dipandu MC yg secara fisik dan intelectual lebih “baik” dari Tukul “Reynaldi” Arwana seperti Om Farhan di Anteve (host: Farhan), SMS (Senin Malam Show) di Indosiar (host: Indro warkop dan Taufik Savalas), Kick Andy di MetroTV (host: Andy F. Noya).

Berikut analisa saya tentang fenomena ini:

Pertama, penonton butuh hiburan yang ringan, bukan yang berat-berat. Terlebih ditengah gencarnya pemberitaan tentang bencana yang tidak putusnya melanda Indonesia, mulai dari bencana alam, kecelakaan transportasi, sampai tragedi penyiksaan taruna STTD oleh seniornya.

Sejujurnya tidak banyak informasi berharga yag didapat dari tayangan ini karena walaupun seringkali sebelum jeda iklan Tukul selalu mengatakan “saya akan menggali lebih dalam dengan bintang tamu kita”, namun dalam kenyataannya pertanyaan yang diajukan hanya sekedar pertanyaan yang lebih bersifat basa-basi, ketimbang informatif.

Kedua, Tukul sangat interactive dengan penonton, baik yang dirumah maupun di studio. bahkan untuk menjaga mood penonton selama waktu tayangnya, Tukul rela dijadikan bulan-bulanan penonton, bintang tamu, bahkan Pepy sang assistant. Tukul tidak lupa menyelipkan jargon-jargon yang sekarang menjadi trend dimana-mana, seperti “kembali ke laptop”, “puas kamu puas? tak sobek-sobek mulutmu”, atau “katro dan ndeso”.

Ketiga, bintang tamu sangat tereksploitasi dengan baik dari sisi penampilan / busana yang sepertinya dibuat untuk menarik perhatian penonton. Teknik pengambilan gambar pun seringkali menggunakan teknik close up agar penonton di rumah bisa melihat dengan jelas wajah sang bintang tamu. Seperti kemarin peggemar Tamara Blezinsky bisa dengan puas menikmati wajah Tamara karena berulang kali di close up kamera.

Terakhir, fenomena ini merupakan bukti keadilan Ilahi. Ternyata orang jelek pun bisa berkibar karirnya di dunia entertainment.

aagunawan

Entry filed under: keluarga, Umum. Tags: .

Senjata agar suami tidak selingkuh Haliza’s birthday

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


March 2007
M T W T F S S
    Apr »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  

Blog Stats

  • 33,535 hits

%d bloggers like this: